Ikan Teri Bikin Anak Tumbuh Cerdas. Berikut Zat Gizi Yang Terkandung Di Dalamnya.

loading...
loading...
Setiap jenis ikan pasti memiliki manfaat kesehatan masing masing. Namun, bagaimana dengan ikan teri? Berikut penjelasan tentang manfaat ikan teri bagi anak.



Hampir semua ikan pasti mengandung zat gizi yang baik bagi tubuh kita, terutama bagi anak. Hal ini juga termasuk ikan teri, meski kecil dan cenderung murah, ternyata manfaat ikan teri sangat banyak, terutama bagi anak-anak.

Dilansir dari Precision Nutrition, ikan teri adalah jenis ikan kecil, berminyak dan hidup di air asin. Mereka banyak ditemukan di wilayah Mediterania tetapi juga dapat ditemukan di perairan di seluruh dunia. Ikan teri hanya makan plankton dan ikan kecil lainnya yang baru menetas.

Meskipun ukurannya kecil, ikan teri adalah salah satu ikan yang paling bergizi yang tak pernah kita sadari. Apalagi bagi pertumbuhan dan perkembangan anak anak.

Kandungan gizi dalam ikan ter

Sekitar 20 gram ikan teri mengandung 42 kalori, 5,8 gram protein, 1,9 gram lemak dan tidak mengandung karbohidrat, serat, dan gula. Ikan teri adalah sumber kalsium, zat besi dan seng yang sangat baik. Dalam bentuk yang diawetkan, mereka juga tinggi sodium.

Benarkah salah satu manfaat ikan teri dapat membuat anak cerdas?

Ikan teri merupakan salah satu sumber lemak omega 3 tinggi. Omega 3 membantu mengurangi peradangan dan menjaga kesehatan semua sel dalam tubuh, terutama jaringan lemak mata, otak, dan sistem saraf.

Dilansir dari Healthline, asam lemak omega-3, terdiri dari EPA dan DHA sangat penting untuk fungsi dan perkembangan otak di semua tahap kehidupan. EPA dan DHA juga memiliki peran penting dalam perkembangan otak bayi serta anak-anak.

Asam lemak ini juga penting untuk pemeliharaan fungsi otak normal sepanjang hidup. Mereka dapat menjaga kesehatan membran sel dan memfasilitasi komunikasi antara sel-sel otak. Ketika hewan diberi makanan tanpa asam lemak omega-3, jumlah DHA dalam otak mereka berkurang, dan mereka cenderung mengalami defisit dalam pembelajaran dan memori.

Pada orang dewasa yang lebih tua, kadar DHA yang lebih rendah dalam darah mengakibatkan ukuran otak yang lebih kecil, yaitu suatu tanda penuaan otak yang dipercepat.

Berapa banyak asupan ikan yang perlu dikonsumsi anak?

FDA (badan pengawas obat dan makanan Amerika) mengatakan bahwa untuk mendapatkan manfaat kesehatan, anak-anak harus makan ikan 2-3 kali seminggu, tetapi porsinya harus lebih kecil daripada orang dewasa. Begini penduannya:


  • Anak usia 6 tahun: Sekitar 85-142 gram per minggu
  • Anak-anak usia 6-8: Sekitar 113-170 gram per minggu
  • Anak yang berusia 9 tahun ke atas: Sekitar 227-340 gram per minggu (jumlah yang disarankan untuk orang dewasa)


Saat ingin memberi anak ikan teri usahakan untuk mencari yang kandungan garamnya rendah, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lain bagi anak.

loading...
LANGSUNG SHARE KE MEDSOS...